10 Daftar Negara Dengan Muslim Terbesar 2018



Sebagai salah satu agama terbesar didunia. Islam berkembang seperti dua agama sebelumnya dari Timur Tengah.

Setelah beberapa ratus tahun, Islam diterima di seluruh penjuru dunia dan menjadi agama terbesar kedua di dunia, dengan perkiraan jumlah total pemeluknya sekitar 1,5 miliar jiwa.Pemeluk agama Islam kebanyakan hidup di negara-negara Timur Tengah, Afrika Utara, Asia Tengah, dan Asia Tenggara.

Dari 1,5 miliar muslim yang ada, populasi terbesar hidup di sepuluh negara yang terdaftar dalam 10 negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia berikut ini.

10. Maroko (32 juta)

Dari sekitar 35 juta penduduk Maroko, 99% diantaranya adalah muslim yang bermazhab Sunni Maliki. Islam masuk ke Maroko pada tahun 680 M dan diperkenalkan oleh Uqba ibn Nafi, seorang jenderal dari dinasti Bani Umayyah. Penyebaran dan perkembangan Islam di Maroko kemudian berlangsung pesat. Hal ini tidak lepas dari peran dinasti-dinasti kuat yang menjadikan Islam sebagai agama resmi kerajaan.

9. Aljazair (40 juta)

Bergeser sedikit ke timur dari Maroko, ada Aljazair yang menempati posisi ke-9 sebagai negara dengan jumah pemeluk Islam terbesar di dunia. Sebagai agama resmi negara, Islam merupakan agama yang banyak dianut oleh penduduk Aljazair. Mazhab yang berkembang di Aljazair tidak berbeda dengan kebanyakan mazhab yang dianut sebagian besar penduduk Afrika Utara, yaitu Mazhab Maliki.

8. Turki (79 juta)

Meskipun merupakan negara sekuler, Turki memiliki penduduk yang beragama Islam dalam jumlah yang besar. Islam sudah mengakar kuat sejak Dinasti Seljuk dan Utsmani menguasai negara dua benua ini. Sekitar 96% penduduk Turki, atau sekitar memeluk agama Islam. Kebanyakan adalah Sunni Hanafi dan Syafi'i, sisanya merupakan kelompok minoritas Alevi dan Syiah 12 Imam.

7. Iran (81 juta)

Mayoritas penduduk Iran yang kebanyakan merupakan etnis Persia adalah muslim Syiah.Sedangkan minoritas Kurdi dan Turkemen bermazhab Sunni. Iran secara resmi merupakan negara Islam setelah terjadinya Revolusi Islam pada tahun 1979. Selain menjadi negara dengan populasi muslim terbesar ketujuh, Iran juga merupakan negara Syiah terbesar di dunia.

6. Mesir (85 juta)

Islam memasuki Mesir sejak tahun 628 Masehi yang pada saat itu masih merupakan wilayah kekuasaan Emperium Romawi. Kemudian semakin mengakar setelah penaklukan yang dilakukan oleh Amru bin Ash pada tahun 641 Masehi. Kini, mayoritas penduduk Mesir adalah muslim.

5. Nigeria (94 juta)

Sebagai salah satu negara dengan penduduk terbesar di dunia, Nigeria menjadi penyumbang besar populasi muslim di dunia. Dari hampir 200 juta total penduduknya, 56%diantaranya adalah penganut agama Islam bermazhab Maliki.

4. Bangladesh (148 juta)

Bengladesh memang bukanlah sebuah negara besar dan berwilayah luas. Tetapi Bangladesh memiliki populasi yang padat. Dari total 164 juta jiwa, 87% penduduk Bangladesh adalah muslim. Jadi, jumlah muslim di Bangladesh hampir mencapai 150 juta jiwa. Hal ini menjadikan Bangladesh sebagai negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia keempat.

3. India (180 juta)

Mengingat India memiliki jumlah penduduk yang sangat besar, populasi muslim di India yang hanya sekitar 14% dari jumlah total penduduk India terbilang cukup banyak. Kebanyakan muslim india tinggal di wilayah barat daya yang berbatasan dengan Pakistan dan wilayah timur yang berbatasandengan Bangladesh.

2. Pakistan (195 juta)

Pakistan adalah sebuah negara bekas wilayah jajahan Inggris di India yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Sekitar 97% penduduk Pakistan beragama Islam dan kebanyakan bermazhab Sunni Hanafi.

1. Indonesia (225 juta)

Seperti halnya Turki, Indonesia bukanlah negara yang hukum pemerintahannya berdasarkan agama. Uniknya, Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Mazhab yang berkembang luas di Indonesia adalah Suni Syafi'i. Mazhab lain seperti Hanafi, Maliki, Hanbali, Ahmadiyah dan Syiah hanya dianut oleh sebagian kecil muslim Indonesia. Dengan jumlah muslim lebih dari 200 juta jiwa, Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia.