Mengapakah surat alfatihah tidak terdapat huruf tsa,.jim,.kho,.sai,.syin,.dzo,.dan fa...


Mengapakah surat alfatihah tidak terdapat huruf tsa,.jim,.kho,.sai,.syin,.dzo,.dan fa... didalam sirat tersebut?

Dikarenakan ketujuh huruf tersebut mengandung arti "adzab/siksaan" diharapkan orang yang membaca surat alfatihah juga terselamatkan dari segala macam siksaan dan memasuki JAHANNAM yang jumlah pintunya pun juga tujuh.

الكتاب : غرائب القرآن ورغائب الفرقان ج 1 - الصفحة 84المؤلف: نظام الدين الحسن بن محمد بن حسين القمي النيسابوري ومن فضائل هذه السورة أنه لم يوجد فيها الثاء وهو الثبور ) لا تدعوا اليوم ثبوراً واحداً وادعوا ثبوراً كثيراً ) [ الفرقان : 14 ] والجيم وهو جهنم ) وإن جهنم لموعدهم أجمعين ) [ الحجر : 43 ] والخاء وهو الخزي ) يوم لا يخزي الله النبي والذين آمنوا معه ) [ التحريم : 8 ] والزاء وهو الزفير والزقوم .والشين وهو الشهيق ) لهم فيها زفير وشهيق ) [ هود : 106 ] والظاء وهو لظى ) كلا إنها لظى ) [ المعارج : 15 ] والفاء وهو الفراق ) ويوم تقوم الساعة يومئذ يتفرقون ) [ الروم : 14 ] فلما أسقط الله تعالى من الفاتحة هذه الحروف الدالة على العذاب وهي بعدد أبواب جهنم لقوله تعالى : ( لها سبعة أبواب لكل باب منهم جزء مقسوم ) [ الحجر : 44 ] غلب على الظن أن من قرأ الفاتحة نجا من جهنم ودخول أبوابها وتخلص من دركات النار وعذابها .

Diantara keistimewaan dan keutamaan surat ini adalah tidak terdapat huruf-huruf berikut didalamnya :

• Huruf TSA’ yang menandakan arti “kebinasaan” sebagaimana firman Allah“(Akan dikatakan kepada mereka): "Jangan kamu sekalian mengharapkan satu kebinasaan, melainkan harapkanlah kebinasaan yang banyak. (QS. 25:14)

• Huruf JIM yang menandakan arti “jahannam” sebagaimana firman Allah“Dan sesungguhnya Jahanam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut setan) semuanya”(QS. 15:43).

• Huruf KHA’ yang menandakan arti “kehinaan” sebagaimana firman Allah“Pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengan dia” (QS. 66:8)

• Huruf ZA’ dan SYIN yang menandakan arti “malapetaka, pohon zaqquum dan rintihan” sebagaimana firman Allah“Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih)” (QS. 11:106).

• HURUF DHA’ yang menandakan arti “api neraka yang bergejolak” sebagaimana firman Allah“Sekali-kali tidak dapat. Sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak” (QS. 70:15),

• Huruf FA’ yang menandakan arti “perpisahan” sebagaimana firman Allah“Dan pada hari terjadinya kiamat, di hari itu mereka (manusia) berpisah-pisah” (QS. 30:14).

Dengan digugurkannya huruf-huruf yang menunjukkan adzab tersebut pada surat fatihah yang jumlahnya sesuai dengan jumlah pintu neraka jahannam yang tujuh, sebagaimana firman Allah “Jahanam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka” (QS. 15:44),diharapkan bagi orang yang membaca surat fatihah dapat terselamatkan dari neraka jahannam dan mendekati pintu-pintunya serta tersematkan dari segala bentuk siksa neraka.

[ Gharaaib alQuraan wa Raghaaib al-Furqaan I/84 ]. Wallaahu A'lamu Bis Showaab.

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Share this

Seorang blogger pemula yang masih belajar dalam menulis sebuah artikel yang menarik dan berkualitas untuk dibaca.


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *